Saturday 10 January 2015

PGTI (PERSEKUTUAN GEREJA-GEREJA TIONGHOA INDONESIA)

Communion of Chinese Churches in Indonesia (COCCI)
Persekutuan Tionghoa Kristen Indonesia


Persekutuan Gereja-Gereja Tionghoa di Indonesia (disingkat PGTI; Bahasa Inggrisnya : Communion of Chinese Churches in Indonesia (COCCI); dalam bahasa dan tulisan mandarin disebut 印尼華人基督教會聯會 (印華基聯)) adalah organisasi aliansi Gereja-gereja dari yang berasal dari Persekutuan Tionghoa Kristen Indonesia, dengan kantor yang bertempat di Komplek Wisma Angkasa Pura, Jl. Sentani No. M-27, Jakarta, Indonesia.

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA PGTI

"Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung dunia." Ayat ini merupakan nasehat yang penting dari TUHAN Yesus Kristus sebelum Ia naik ke surga, juga merupakan ayat kunci dari seluruh Kitab Kisah Para Rasul.
Didalamnya terkandung : "Kesaksian yang" : menjadi tanggung jawab kita. "Roh Kudus" : kekuatan pendorong dari kesaksian kita. "Ujung Bumi" : visi yang jauh ke depan dari kesaksian kita.

LATAR BELAKANG PENDIRIAN PGTI

Dua tahun menjelang tahun 2000, ketika masyarakat dunia dengan penuh optimis menyongsong datangnya millenium baru, diluar dugaan terjadi krisis moneter internasional. Asia adalah wilayah pertama yang terlanda krisis tersebut, bahkan di bumi Indonesia terjadi gejolak yang belum pernah terjadisebelumnya, sehingga setiap saat hati rakyat Indonesia merasa was-was, sedih dan marah menjadi satu. Dalam situasi yang demikian TUHAN menyatakan karyaNya di Gereja-Gereja Injili Jakarta, dimana TUHAN telah menggerakkan sekelompok rekan bahwa dalam kondisi yang seperti ini sangat memerlukan persatuan, kesatuan dan saling bekerja sama.
Situasi ini juga memperlihatkan betapa pentingnya Pengabaran Injil, dan dari sisi gereja-gereja berbahasa Mandarin juga memperlihatkan betapa mendesaknya regenerasi pendidikan bahasa Mandarin. Oleh karena itu mereka terdorong dan rela melepaskan keakuannya untuk mengikuti TUHAN. Setelah melalui pengumulan doa, menunggu dan beberapa kali mengadakan penjajakan, maka atas anugerah pimpinan TUHAN pada rapat gabungan (diantara CCCOWE distrik Jakarta, Gerakan Penginjilan Era 2000, Pusat Pelayanan Musik Gerejawi, Pusat Pelayanan Literatur Injil, dan Persekutuan Gereja-Gereja Kristen Injil Jakarta) tanggal 11 Nopember 1997 telah mensponsori terbentuknya PUSAT PELAYANAN GEREJA-GEREJA INJILI INDONESIA (PPGII), yang diresmikan tanggal 29 Agustus 1998.

TUJUAN

Melayani Para Jemaat

Selama kurun waktu sekian tahun ini, PPGII di bawah pimpinan dan penyertaan TUHAN, dengan semangat mengutamakan Kerajaan ALLAH telah memberikan pelayanan kepada gereja gereja. Sehingga pendirian PPGII menjadi kemuliaan bagi Tuhan.
Pdt. Daniel Cahyadi Sekjen PPGII malam doanya di hadapan TUHAN, menetapkan strategi dan arah untuk masa yang akan datang, maka dengan mempertimbangkan perubahan struktur organisasi, dibuat usulan program kerja masa depan.
Diharapkan nantinya PPGII bukan saja berperan dalam pelayanan, namun juga berperan menjalankan amanat dan tanggung jawab pendoa secara kenabian.

Sebagai pendoa harus:
  • Memiliki kepekaan terhadap trend jaman.
  • Memiliki kesetiaan terhadap tugas kepercayaan Allah Bapa.
  • Memiliki perasaan berhutang terhadap kehausan batin manusia.
  • Memiliki sense of mission terhadap gereja yang tak bergairah.


Team perencana dan strategi serta para pengurus departemen pada bulan agustus 2003 bertepatan dengan penyelenggaraan siding tahunan ke 5 telah mengundang Pdt. James Shia dari Chinese Christian Evangelistic Association sebagai pembicara dan juga sebagai penasehat dalam pembahasan dan perubahan struktur organisasi dan penetapan strategi.

Pada siang itu telah disetujui dan disahkan perubahan struktur organisasi menjadi 6 kelompok (departemen) utama, yaitu :
  1. Pembaharuan gereja
  2. Misi dan pendirian gereja
  3. Yayasan terang dan garam
  4. Pendidikan dan pembinaan
  5. Himpunan usahawan dan professional
  6. Secretariat PPGII

Berikut adalah penjelasan tentang struktur organisasi dan sasaran program kerja dari kelompok kelompok tersebut diatas, kiranya PPGII dapat dengan sehati bekerja sama dengan sekitar 300 gereja-gereja yang tersebar di Indonesia, untuk menyebarluaskan injil, tumbuh bersama bersatu dalam kasihNya.

VISI & MISI PGTI

VISI

Sehati Sepikir Menyebarluaskan Injil Tuhan Tumbuh Bersama Menyatakan Kasih Tuhan

  1. Sehati Sepikir; yakni bukan hanya bersatu dalam organisasi, tetapi juga bersatu dalam meneladani kehidupan Kristus.
  2. Menyebarluaskan Injil Tuhan, yakni melalui penjabaran visi membuka wawasan baru ladang pelayanan, mendorong serta memotivasi setiap gereja bersana-sama menghimpun kekuatan untuk melaksanakan tugas misi Pekabaran Injil di dalam maupun di luar negeri.
  3. Tumbuh Bersama, yakni mencapai pertumbuhan bersama melalui pembinaan iman, dan melengkapi jemaat dengan teknis pelayanan dengan tetap bercirikan latar belakang kebudayaan Tionghoa.
  4. Menyatakan Kasih Tuhan, yakni menyalurkan kasih TUHAN dalam nemtuk kepedulian social, guna mewujudkan kualitas terang dan garam dunia.


SASARAN

  • Berpusat di Jakarta, berkembang ke seluruh Nusantara
  • Berpijak di Indonesia, berwawasan dunia

MISI

  1. Melayani gereja-gereja
  2. Mendorong kerja sama
  3. Mengsharingkan visi
  4. Menghimpun kekuatan
  5. Mendorong perintis jemaat
  6. Mencapai tujuan


TIGA “TIDAK”

  1. Tidak ikut kegiatan politik, gereja dan politik harus ada pemisah.
  2. Tidak ikut campur urusan intern gereja atau badan misi.
  3. Tidak mendirikan gereja atau pusat penginjilan didaerah dan negara manapun.



PERNYATAAN IMAN PGTI

  • Kami percaya kepada seluruh isi Alkitab baik perjanjian lama maupun perjanjian baru adalah wahyu Allah, yang menyatakan rencana keselamatan Allah bagi umat manusia, juga adalah otoritas tertinggi bagi kehidupan & iman kepercayaan kami
  • Kami percaya kepada Allah yang esa, hidup dan benar, yakni Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus yang kekal selamanya.
  • Kami percaya kepada Allah Anak Yesus Kristus, Dialah Allah sejati juga manusia sejati, yang dikandung dari Roh Kudus lahir dari anak dara Maria. Dia mati di atas kayu salib, mencucurkan darahnya untuk menebus dosa umat manusia. Dan Allah membangkitkan Dia dari antara orang mati, naik ke surge, dan akan datang kembali sesuai dengan janjiNya.
  • Kami percaya kepada Roh Kudus, bersifat,berkuasa dan berada serta dihormati dan dimuliakan setara dengan Allah Bapa dan Allah Anak. Untuk menyadarkan manusia akan dosanya dan tinggal dalam hati manusia yang dilahirkan kembali. Memampukan mereka untuk hidup kudus serta melayani Allah dan sesame.
  • Kami percaya bahwa manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, oleh karena kejatuhan Adam menjadi orang berdosa yang membutuhkan karya keselamatan Allah.
  • Kami percaya hanya bersandar kepada anugerah Allah, orang berdosa yang sudah bertobat dapat dilahirkan kembali dan dibenarkan karena beriman kepada Yesus Kristus.
  • Kami percaya kebangkitan tubuh orang benar akan beroleh hidup kekal, dan orang fasik akan bangkit dan menerima hukuman.
  • Kami percaya kepada Yesus Kristus kepala gereja, gereja yang esa, kesatuan orang yang dilahirkan kembali oleh Roh Kudus, berfungsi melalui ibadah, persekutuan, penginjilan dan pelayanan.


PELAYANAN

Pembaharuan Gereja

Pembaharuan dan pertumbuhan gereja adalah topic yang sering kita dengar, namun dalam kenyataannya tidak mudah untuk digerakkan dan dikendalikan. Dalam menghadapi berbagai imbasan jaman, gereja-gereja berlatar belakang Tionghoa kurang teguh dalam Iman juga kurang berbobot dalam kehidupan kerohanian, kurang memiliki kasih yang murni, kurang berakar dalam kebenaran, kurang dinamika dalam doa, kurang efektif dan efisien dalam memobilisasi jemaat, untuk itu PPGII akan menggerakkan mereka untuk selanjutnya lebih meningkatkan diri. Diantaranya factor yang terpenting adalah dinamika rohani dan memobilisasi semua pihak untuk mementingkan doa.

Pembaharuan Dinamika Rohani

  1. Pelatihan doa
  2. Melalui fungsi persekutuan doa gabungan gereja gereja dan persekutuan doa wanita
  3. Rencana pembangunan bukit doa (nama belum ditetapkan) sebagai tungku penggondokan kerohanian
  4. Pembaharuan ibadah


Pendidikan dan Pembinaan

Pengembangan sumber daya yang utama adalah manusia, kiranya melalui pelatihan dan pembinaan dapat menghasilkan SDM dalam berbagai tingkat lapisan.

Pelayanan Utama

  1. Pendidikan Theologi Mandarin bagi aktifis. Untuk Jakarta kelas dimulai bulan September 200, dan direncanakan akan dibuka di palembang dan wilayah lain.
  2. Bekerja sama dengan pihak Tiongkok menyelenggarakan pendidikan alkitab dengan sistem 2 tahun.


Misi & Pendirian Gereja

Program Rencana Gerakan 5250

Dalam jangka waktu 5 tahun menggerakkan Gereja-gereja Tionghoa merintis pembangunan gereja (150 jemaat baru termasuk pos) dan membantu gereja pedalaman merintis 100 jemaat baru.

Saran:
  1. Para utusan jemaat agar membawa kembali visi ini untuk dibahas di majelis maupun disharingkan kepada anggota jemaatnya.
  2. Mendorong jemaat menggunakan doa sebagai titik awal dari aksi ini.
  3. Diharapkan dalam waktu dekat, mengumpulkan para pemimpin jemaat yang berbeban untuk bersana-sama merealisasikan dalam tindakan kongkrit.


Pekerjaan Pembinaan Misi

Pekerjaan departemen misi dan pendirian gereja ini tidak berarti menggantikan pelayanan misi gereja / sinode, namun berhubungan dengan pekerjaan misi. Jadi fungsinya sebagai saluran dan penyampaian visi bagi gereja gereja / sinode dalam pekerjaan misi, dengan tujuan mensharingkan beban visi dan amanat.
Pembinaan misi PPGII mengutamakan para penginjil yang melayani di desa-desa terpencil dan dalam pembukaan / pendirian gereja-gereja disana. Dengan mengedakan pembinaan jangka pendek dan merencanakan untuk membantu dalam bahan-bahan naskah khotbah untuk menolong para penginjil dalam pelayanan diatas mimbar. Selanjutnya pekerjaan ini akan bekerjasama PPGII wilayah, sekolah-sekolah seminary.

Pembinaan Pertumbuhan Gereja

PPGI akan mengundang dan mengatur Hamba-hamba TUHAN yang bertalenta baik dari dalam maupun luar negeri untuk diatur mengadakan kebaktian khusus gabungan di wilayah-wilayah.

PENGURUS PGTI

MAJELIS PEKERJA HARIAN PGTI

(Pengurus Periode I, 04 September 2007 – 30 September 2011)

Ketua Umum : Pnt. Dr. Suhendro Hadiwidjojo
Wakil Ketua :
  • Subianto Tjandra
  • Pdt. A. O. Angkasa
  • Yuki Chandra

Sekretaris Umum :  Jane Lim
Notulis :
  • Pdt. Dr. Jusuf Pangestu
  • Pdt. Grace Elim, M.div

Bendahara :
  • Stephen Mulyadi
  • Lukas Jethrokusuma


Penasehat :
  • Pdt. Dr. Peter Wongso 
  • Pdt. Andreas H. Simeon, M.Th 
  • Pdt. Johan Gopur
  • Pdt. Dr. Daniel Lukas Lukito 
  • Pdt. Hardi M. Farianto, B.Th 
  • Pdt. Yohanes Adrie Hartopo, Ph.D 
  • Pdt. Philip Tjendana 
  • Pdt. Charles Christano 
  • Pdt. Bambang Wijanto
  • Pdt. Dr. Joseph Tong
  • Pdt. Dr. Freddy Lay
  • Pdt. Dr.Henry Efferin
  • Pdt. Joshua Ong, Ph.D
  • Pdt. Alex Lim
  • Pdt. Dr. Netty Lintang
  • Pdt. David Iman Santoso
  • Pdt. William Liem
  • Pdt. I Made Mastra
  • Pdt. Hendra G. Mulia
  • Pdt. Dr. William Hosanna


Penasehat Harian :
  • Pdt. Daniel Chahyadi
  • Pdr. Joshua Ong Ph. D.


Penasehat Medis : Dr. Alvin Wullur

Majelis Pekerja : (Alphabetis sesuai dengan Nama Marga Tionghoa)
  • Yongky Purnomo 
  • Charles Hadiwidjaja
  • Handi Irawan
  • Ong. Suryadi M.
  • Chua Sew Hoon 
  • Lili Junaedi
  • Pnt Joe Hidayat 
  • Pnt Benny Soenarjo 
  • Judi Timadius 
  • Probo Yuwono Tan 
  • David Tanuwijaya 
  • Rustam Effendi
  • Pnt Komaruddin Tohir    
  • Lukas Jethrokusumo 
  • Indra Lazuardi 
  • Ishak Soekamto
  • Pdt. Samuel Yapto 
  • Rudy Salim 
  • Agus Tjandra
  • Pnt Suwadji Wijaya
  • Yusuf Gunawan
  • Kor Hin Lung
  • Ibrahim Siddik
  • Anton Suhirman
  • Edy Tan
  • Pdt. Johan Gofur
  • Pdt.Daudi Rachmat
  • Pnt Kerachmat Tjahja Diputra
  • Pnt Handoko T. A.
  • Harianto Hoetama


Badan Pengawas Perbendaharaan :
Kadep : Drs. Suryadi Hartanto
Anggota : Drs. Timotius Paulus, MBA

PENGURUS DEPARTEMEN PGTI
(Pengurus Periode I, 04 September 2007 – 30 September 2011)


Departemen Pembinaan Misi (PI)
Kadep :  Pnt Handoko T. A.
Wakadep :
  • Pnt Kerachmat Tjahja Diputra
  • Pnt Lili Junaedi


Departemen Pertumbuhan Gereja
Kadep : Yuki Chandra
Wakadep :
  • Pdt. Daudi Rachmat
  • Pdt. Johan Gopur


Departemen Ibadah & Musik  (DIM)
Kadep : Indra Lazuardi, MBA
Wakadep :
  • Pnt Benny Soenarjo
  • Ishak Soekamto
  • David Tanuwijaya


Pelayanan Kantor PGTI

Kepala Kantor : Pnt Komaruddin Tohir
Sekretaris :
  • Ester Tjiong (Mandarin)
  • Henna Jonina Dorkas(Indonesia)


Bendahara : David
Umum : Djoni Pang

Medis : dr. Megalina Oman
Anggota :
  • Timotius Oentoro
  • Jusuf Rachmadi
  • Martha Tandaroesman
  • Maria Tandaroesman
  • Aldric Trenseno
  • Pdt. Elim Jonathan


Departemen Pelayanan Masyarakat Terang Garam

Kadep : Subianto Tjandra 
(Merangkap Ketua Terang & Garam PGTI)
Wakadep :
  • Probo Yuwono Tan
  • Ong Suryadi


Departemen Informatika & Literatur

Kadep : Khor Hin Lung
Wakadep :
  • Pdt. Paulus Suhindro P.
  • Chua Sew Hoon


Departemen Pengembangan Organisasi 

Kadep : Charles Hadiwidjaja
Wakadep :
  • Yusuf Gunawan
  • Lukas Jethrokusumo

Anggota :
  • Pnt Edy Tan
  • Suwadji Wijaya
  • Handi Irawan
  • Pnt Johan Suwarno
  • Suwadjie Wijaya
  • Ishak Soekamto
  • Anton Suhirman
  • Pnt Joe Hidayat
  • Ibrahim Siddik
  • Judi Timadius
  • Pdt. Samuel Yapto
  • Harianto Oetama
  • Rudy Salim
  • Jusuf Masawan
  • Pnt Agus Tjandra
  • Timotius Oentoro
  • Samuel Lim
  • Frans Mawengkang
  • Pdt.Yung TikYuk
  • Timothy Tjan
  • GI Yohannes Onlyson


Departemen Hubungan Masyarakat

DALAM NEGERI :
Kadep : Pdt. Dr. Jusuf Pangestu
Wakadep :   Charles Hadiwidjaja

LUAR NEGERI :
Kadep : Jane Lim
Wakadep :
  • Probo Yuwono Tan
  • Indra Lazuardi


Gospel Express

Ketua : Subianto Tjandra
Kadep : Probo Yuwono Tan
Redaktur : Pdt. A.O.ngkasa
Ass. Redaktur : Pdt. Grace Elim
Anggota :
  • Tjahyadi Halim
  • Agus Sutanto
  • Ishak Tamio
  • Susan Chang
  • Go Sie Bie


PGTI WILAYAH KEPALA – KEPALA WILAYAH

PGTI Jakarta
Kawil : Pdt. Elim Jonathan
Wakawil :
  • Indra Lazuardi
  • David Tanuwijaya


PGTI Medan
Kawil : Darman Suseno
Wakawil : Dr. S. Ginting

PGTI Palembang
Kawil : Judi Timadius
Wakawil : Sumono Wijaya

PGTI Pontianak
Kawil      : Pdt. Samuel Fu
Wakawil : Pdt Bakri Lie

PGTI Batam
Kawil : Jimmy Sieto
Wakawil : -

PGTI Semarang
Kawil : Rudy Yashito
Wakawil : Mintardja Wiliusa

PGTI Malang
Kawil : -
Wakawil : -

PGTI Denpasar
Kawil : Bondan Gunawan
Wakawil : G.I. Olimpas Sunarya

PGTI Bangka – Belitung
Kawil : Matius Liman
Wakawil :
  • Pdt. Daniel Golgota (Bangka)
  • Pdt. Yasin Hie (Belitung)


PGTI Makassar
Kawil : Samuel A. Saputra
Wakawil : -

PGTI Bandung
Kawil : Subianto Tjandra
Wakawil : Pnt. Benny Soenarjo 

PGTI Surabaya
Kawil : Suwadjie Wijaya
Wakawil :
  • Iwan Koesbianto
  • William Timotius
  • Ang Surya Jaya


PGTI Jambi
Kawil : Pdt. Yohanes C. Tjen

PGTI Samarinda
Kawil : Pdt. Yosep Cong
Wakawil : G.I. Johari Yohanis

PGTI Manado
Kawil : Allan F. Pratanto
Wakawil : G.I. Fukri Ciantara

PGTI Lampung
Kawil : Rustam Efendi
Wakawil : -

PGTI Pekan Baru
Kawwil : Andreas Lie
Wakawil : Yudianto

DEPARTEMEN JAKARTA

Persekutuan Doa Gereja-Gereja Injili
Kadep : Pdt. Elim Jonathan
Wakadep : Pdt. Johany Samuel

Persekutuan Doa Wanita
Kadep : G.I. Hanna Natanael
Wakadep : Pdt. Febi Haryati

Persekutuan Usia Indah
Kadep : Pdt. Philip Tjendana
Wakadep : G.I. Chen San Cen

Himpunan Usahawan & Profesional (HUP)Tionghoa
Kadep : Yongky Purnomo
Wakadep : Leo Kosasih

Dep. Musik Gerejawi & Ibadah
Kadep : Ira R. Tannos
Sekretaris : Lay Syiriami Kristine

DAFTAR ANGGOTA GEREJA TIONGHOA DI INDONESIA

  • Gereja Kristen Wesley Indonesia (GKWI)
  • GII Hok Im Tong
  • Gereja Kristus Yesus (GKY)
  • Gereja Methodist Indonesia Jemaat Gloria (GMI Gloria) (Yong Yau Thang)
  • Gereja Methodist Indonesia Jemaat Betlehem (GMI Bethlehem) atau 巨港基督教衛理公會 伯利恒堂 (伯利恒堂)

1 comment:

  1. No : 681/ MM / PT. Radio REM /IX/ 2016
    Hal : Penawaran siaran Radio SSK

    salam sejahtera,

    Bersama ini kami memperkenalkan kepada Bapak/Ibu mengenai PT. Radio REM yang beralamat di Apartemen Robinson Lt. 6 Tower B, Jl. Jembatan Dua Raya No. 2, Jakarta Utara. Kami adalah radio rohani Kristen yang mengudara selama 24 jam setiap hari di gelombang Radio Vifa Am Stereo 648 Khz dan Radio SSK (Suara Sorak Kemenangan) Fm 107,9 fm dan audio / live streaming : http://www.vifastation.com
    Melalui surat kami menawarkan kepada Youth Gereja Bapak untuk dapat mengisi acara di program radio kami yaitu “The Angels”. Sebuah program yang kami sediakan agar para pemuda gereja dapat menyampaikan firman Tuhan atau berbagai kegiatan mereka melalui media radio. Pihak radio akan mengatur penjadwalan siaran ini.
    untuk program ini pihak yang bersiaran dapat memberkati radio Vifa-SSK bentuk persembahan kasih.
    Untuk informasi selanjutnya dapat menghubungi di telp no. 021 – 6615184 atau menghubungi ke nomor 082335146405, pada hari kerja dari Senin s/d Jumat jam 08.30 – 16.30 wib dan alamat email:frispart@gmail.com semoga siaran radio SSK yang kami tawarkan bisa diterima dengan senang hati Terima kasih dan Tuhan Yesus memberkati. by frischa

    ReplyDelete